Cara Impor barang dari China

Cara Impor barang dari China 

Ada beberapa langkah yang mudah untuk melakukan impor barang dari china maupun negara lainnya, Cara Impor barang ini mulai banyak dicari terutama impor barang dari china
dengan maraknya produk cina terutama barang elektronik banyak pedagang yang impor barang langsung ke china baik menggunakan jalur impor resmi maupun non resmi
ada cara atau langkah impor barang dengan mudah dan cepat dipahami yaitu dengan mengikuti cara impor barang dari china atau negara lainnya berikut ini.


10  Langkah mudah Cara Impor barang dari China atau yang lainnya.

Langkah 1 Impor barang:  Melakukan perencanaan barang apa yang diimpor dari negara mana

Langkah 2 Impor barang: Melakukan registrasi impor agar mendapatkan perijinan impor

Langkah 3 Impor barang: Memenuhi persyaratan lartas (barang larangan dan batasan) (jika ada)

Langkah 4 Impor barang: Menentukan klasifikasi barang ( HS Code)

Langkah 5 Impor barang: Membuat pemberitahuan pabean impor

Langkah 6 Impor barang : Menghitung bea masuk dan pajak dalam rangka impor

Langkah 7 Impor barang: Membayar bea masuk dan pajak dalam rangka impor

Langkah 8 Impor barang: Mendapatkan penjaluran barang

Langkah 9 Impor barang: Melakukan proses pengeluaran barang di pelabuhan

Langkah 10 Impor barang: Mengirimkan barang impor ke tempat tujuan bongkar

Penjelasan detai mengenai Impor barang atau 10 langkah impor barang dapat dilihat dibawah ini:

Langkah 1 Impor barang adalah

berkaitan dengan barang apa yang akan diimpor , dari negara mana,  berapa jumlah barang yang diimpor, dan moda transportasi yang digunakan. Langkah 1 juga termasuk dengan estimasi berapa biaya yang akan dikeluarkan dalam mengimpor barang.

Langkah 2 Impor barang adalah

berkaitan dengan registrasi importir sesuai dengan perijinan impor. Syarat utama untuk melakukan impor adalah :  barang diimpor harus baru, kecuali diatur secara khusus. Selain perijinan pokok perusahaan ( NPWP,SIUP, dan TDP),  para importir juga harus memiliki API (Angka Pengenal Impor) dan NIK (Nomor Identitas Kepabeanan)

Langkah 3 Impor barang adalah

berkaitan perijinan khusus  sesuai dengan jenis barang yang ditetapkan sebagai barang larangan dan batasan (lartas) , seperti : NPIK, produsen importir, dan lainnya). Syarat barang lartas ini bisa dicheck di www.insw.go.id.

Langkah 4 Impor barang adalah

menentukan klasifikasi barang (HS Code) atas barang yang diimpor. Klasifikasi barang dapat dicheck di Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI). Klasifikasi barang bertujuan untuk mengetahui berapa tarif bea masuk atas barang impor tersebut. Langkah 4 ini dapat dilakukan pada saat langkah 1. Contoh barang impor : daging tanpa tulang: 0201.30.00.00 ; Tarif bea masuk: 5% .

Langkah 5 Impor barang adalah
berkaitan dengan pembuatan dokumen pemberitahuan pabean impor, yaitu: PIB (Pemberitahuan Impor Barang- BC 2.0).  PIB dibuat dengan cara manual (formulir& media disket) dan cara elektronik (PDE/EDI).   Wilayah Bea dan Cukai Jakarta, Semarang, Surabaya, Makasar,dan Medan  sudah melakukand dengan cara elektronik (PDE/EDI). Pembuatan PIB dapat dilakukan sendiri oleh importir atau melalui kuasanya, yaitu : PPJK (Pengusaha Perusahaan Jasa Kepabenan).

Langkah 6 Impor barang adalah

menghitung besarnya bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PPN, PPh pasal 22).  Perhitungan bea masuk adalah tarif BM x Nilai Pabean. Metode menentukan nilai pabean ada 6 metode yang ditetapkan secara hirarki. Salah satu metoda nilai pabean yang sering digunakan adalah metode nilai pabean berdasarkan nilai transaksi.

Langkah 7 Impor barang adalah
berkaitan dengan pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PPN, dan PPH pasal 22) atas barang yang diimpor ke bank devisa yang telah kerjasama dengan instansi Bea dan Cukai.

Langkah 8 Impor barang adalah

berkaitan  penjaluran  barang  impor yang ditetapkan berdasarkan kriteria manjemen resiko. Penjaluran terdiri dari jalur hijau, jalur kuning, jalur merah, jalur Mita Non Prioritas dan  Mita Prioritas.

Langkah 9 Impor barang adalah

berkaitan prosedur pengeluaran barang impor. Pengeluaran barang impor dapat dilakukan oleh importir sendiri atau melalui jasa EMKL atau Freight Forwarder.

Langkah 10 Impor barang adalah

dilakukan setelah langkah 10.  Pengiriman barang ke tempat tujuan bongkar dilakukan melalui trailer dan truck.  Menentukan jenis dan jumlah truck/armada yang digunakan untuk mengangkut barang import disesuaikan dengan jumlah barang dan berat barang, serta jumlah peti kemas yang diimpor. Pengiriman barang dilakukan dapat dilakukan oleh perusahaan jasa pengangkutan, EMKL dan atau freight forwarder.

3 Responses to "Cara Impor barang dari China "

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    ReplyDelete

  2. Kami dari Xing Lie Cargo adalah perusahaan jasa expedisi import door to door service via udara dan laut. Kami juga dapat memberikan jasa yang membantu customer dalam membeli dan memilih barang dari luar negri yang customer inginkan dengan mudah.

    Bagi customer yg ingin mengimpor barang dari luar, tapi takut apabila tertipu, kami dapat mencarikan supplier terpercaya untuk para customer. Kami juga dapat memberikan jasa dalam mencarikan barang yang customer inginkan sesuai kebutuhan para pelanggan.

    Xing Lie Cargo International Freight Forwarding Logistic ,Co.membuktikan memiliki kualitas yang sangat baik dengan ke cepatan waktu pengiriman, Terpercaya , Dan berani memberikan ganti rugi 100% apa bila terjadi kehilangan / kerusakan barang saat proses pengiriman berlangsung.

    Kami menyedikan pengiriman untuk jalur By Air dan By Sea dalam bentuk LCL maupun FCL langsung dari : China , Thailand , Taiwan , Hongkong , Singapore , Korea ( Worldwide ) , Ke Jakarta - Indonesia . Keunggulan dan kelebihan jasa expedisi import kami adalah sebagai berikut :- Waktu pengiriman yang cepat.- Harga yang Kompetitif- Memberikan jaminan 100% asuransi barang.- Harga yang kami berikan sudal all in sampai di jakarta ( Tidak dipungut biaya pajak , cukai , DLL )- Menyediakan jasa titip transfer ke supplier yang baru pertama kali import, dan tentunya memastikan juga kebenaran supplier itu sendiri.- Menyediakan jasa pick up dari tempat supplier.- Menyediakan jasa Custom Clearance Service. Kami juga telah berpengalaman untuk menangani barang - barang import jenis : Chemical ( Kimia ) , Engine ( Mesin ) , Cairan , Makanan , Dan masih banyak lagi jenis barang - barang umum lainnya .

    Kepuasan dan kepercayaan anda adalah prioritas utama bagi kami,
    Butuh petunjuk dan panduan import ?
    Hubungi kami:
    Xing Lie Cargo
    Website: www.xingliecargo.com
    Phone: 087773081112 / 081296333382
    Office Address : Terusan Bandengan Utara Komp Soka 2 blok A no 12 Jakarta Utara
    Testimoni & Update please follow our Instagram/Facebook Pages: Xing Lie Cargo

    ReplyDelete
  3. Kalau butuh bantuan export , Import & Domestik. (Door To Door, Undername, Custom Clearence, Inland Transporttation) silahkan hubungi kami :

    Mr. Zainal Abidin
    Hp : 0813-8720-1593

    PT.TRANS SAMUDERA MARITIM
    Komplek Ruko Rajawali Center Blok B No.16Jl. Rajawali Pasar Minggu | P.O Box 12520 Jakarta Selatan, Indonesia
    Tel: 021 - 7884 9494
    Fax: 021 - 782 3674
    Email : zainal.exim@gmail.com

    ReplyDelete